Senin, 20 Februari 2017, 20:42

Apa Itu Hoax ?

Oleh : Nur Ikhsan D.C, S.Hum (Admin Website MTsN Muaradua)

Hoax menjadi perbincangan hangat di media massa maupun media sosial belakangan ini karena dianggap meresahkan publik dengan informasi yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Istilah hoax, kabar bohong, menurut Lynda Walsh dalam buku "Sins Against Science", merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang masuk sejak era industri, diperkirakan pertama kali muncul pada 1808.

Tujuan penyebaran hoax pada umumnya untuk: sebagai bahan lelucon, sekedar iseng, menjatuhkan pesaing (black campaign), ajakan/promosi dengan penipuan, atau bisa juga sebagai penelitian (namun berita tersebar tanpa kontrol).

Pada umumnya hoax didistribusikan via email, blog atau situs pertemanan.Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya dan diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tersebut ke forum yang lebih luas. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.

Sebagai umat Islam kita mesti teliti dan menelaah berita yang belum jelas kebenarannya, Allah SWT berfirman : Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan hanyalah mereka yang tidak mengimani (mempercayai) tanda-tanda kekuasaan Allah. Mereka adalah kaum pendusta. (An-Nahl: 105)

Selalu Ingat ! Tidak Semua Yang Kamu Baca Di Internet Dan Social Media Adalah Benar
Jangan Mudah Terprovokasi

Berita Lainnya
Senin, 6 Februari 2017, 10:51

Nikmat Syurga Untuk Wanita Solehah

Kamis, 2 Februari 2017, 10:23

GURUKU IDOLAKU

Kamis, 12 Januari 2017, 10:05

Pembentukkan Karakteristik Anak Bangsa

Rabu, 11 Januari 2017, 11:27

Kebersihan Sekolah Cerminkan Karakter Siswa

Senin, 26 Desember 2016, 21:45

Kita Bangun Pilar Kokoh di Madrasah