Senin, 20 Maret 2017, 14:39

Komunikasi Dalam Membina Kerukunan Umat Beragama

Palembang, Inmas Sumsel.

Komunikasi dapat diartikan pemberian, penyampaian, atau pertukaran ide, pengetahuan dan informasi. Kasubbag Informasi dan Humas H. Saefudin, S.Ag, M.Si yang juga dipercaya sebagai PLT Kasubbag Hukum dan KUB menjelaskan perihal komunikasi yang baik dalam membina kerukunan umat beragama, Senin (20/03). Dalam kesempatan tersebut, Saefudin mengajarkan peran penting komunikasi dalam membina kerukuann umat beragama.

Pria yang dijuluki Rhoma Irama Sumsel ini, menjelaskan tujuan komunikasi antar umat beragama adalah positif diantaranya dengan komunikasi yang baik akan tumbuh saling pengertian yang objektif dan kritis. Dengan komunikasi juga akan melahirkan kepedulian kepada sesama manusia.

Komunikasi yang baik akan menciptakan ketentraman jiwa, begitu juga sebaliknya jika komunikasi yang buruk atau salah dapat menimbulkan perpecahan. Oleh karena itu komunikasi sangat berperan dalam membina kerukunan umat beragama. Sumatera Selatan Alhamdulillah selama ini merupakan wilayah zero konflik, hal ini dikarenakan adanya komunikasi yang baik antara tokoh agama dan tokoh masyarakat di Sumsel selama ini, paparnya.

Komunikasi harus memiliki kode etik. Dengan adanya kode etik maka komunikasi dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang benar. Tujuan Komunikasi Antar Umat Beragama adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam aktifitas manusia, dialog serta menjalin silaturahmi antar umat beragama.

Guna meningkatkan komunikasi yang baik dalam hal keagamaan, kanwil kemenag Sumsel telah melaunching layanan Kerukunan Umat Beragama (KUB) berbasis IT. Manfaat informasi dan komunikasi dalam KUB berbasis IT ini akan memudahkan kanwil kemenag sumsel dalam memperoleh informasi tentang kerukuan umat beragama. (Idrus)

Berita Lainnya
Selasa, 18 April 2017, 09:08

Dengan Adanya Komunikasi Mempererat Tali Silaturahim Antar Umat Beragama

Rabu, 5 April 2017, 09:37

Kasubbag TU Kemenag Mura Hadiri Pertemuan FKUB Provinsi

Jumat, 24 Maret 2017, 06:28

Komisi V DPRD Sumsel Isi Materi FGD

Kamis, 23 Maret 2017, 18:11

Pentingnya Kajian Dalam Menetapkan Aturan

Kamis, 23 Maret 2017, 13:32

Kepala Kemenag Mura Hadiri Rapat Koordinasi FKUB