Kamis, 26 Juli 2012 – Pendis & Madrasah
UKG SERTIFIKASI SERENTAK MULAI 30 JULI 2012

Palembang-Humas,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasonal melalui Bagian Perencanaan dan Pengembangan akan menggelar Ujian Kompetensi Guru (UKG) serentak seluruh Indonesia mulai 30 Juli 2012 sampai dengan 4 September 2012 secara bertahap. UKG online akan di mulai 30 Juli sampai dengan 12 Agustus 2012 dan di ikuti seluruh guru dan Kepala sekolah berdasarkan jenjang pendidikan, di muali dari tingkat SMP, di lanjutkan SMA dan SMK, dan terakhir TK,SD dan SLB seluruh provinsi se-Indonesia. Sedangkan UKG untuk pengawas di laksanakan Oktober 2012 dan di lanjutkan dengan ujian tertulis pada 4 September 2012 mendatang. Pelaksanaan UKG sendiri di tentukan berdasarkan jenjang pendiidkan di atas dan di atur oleh LPMP.

Berdasarkan data Pedoman Pelaksanaan UKG 2012, jumlah peserta UKG yang telah brsertifikat Pendidik ialah 1.006.211 orang, sedangkan guru yang belum bersertifikat ialah 1.015.087 orang. UKG bagi guru yang belum bersertifikasi akan di laksanakan pada tahun 2013 mendatang. Sebelum melaksanakan UKG guru PNS atau bukan PNS harus menyiapkan syarat di antaranya, untuk PNS harus memiliki sertifikat pendidik (tahun 2007-2011),pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun, dan masih aktif menjadi guru. Sedangkan yang belum memiliki sertifikat dalah mereka yang tercatat sebagai guru PNS atau guru Tetap Yayasan (GTY) dan memiliki NUPTK.

Tujuan di adakannya UKG ialah Pemetaan penguasaan kompetensi guru (kompetensi pedagogik dan profesional) sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, Sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.

Untuk Informasi daftar calon peserta UKG dan lokasi UKD dapat di lihat di http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru/index.php?pg=peserta, untuk kisi-kisi UKD silahkan lihat di http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru/index.php?pg=kisi, Pedoman pelaksanaan UKG di http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru/index.php?pg=panduan.

Uji Kompetensi Guru Tetap diperlukan Dari Jakarta, KOMPAS (Selasa, 3 Juli 2012) di katakan uji kompetensi bagi guru didukung jika tujuannya untuk meningkatkan mutu guru. karena itu, uji kompetensi jangan dijadikan “hukuman” untuk menunda atau mencabut tunjangan profesi pendidik.

“Ujian kompetensi bagi guru ini penting. Uji kompetensi ini harus menjadi data awal untuk mengetahui aspek kompetensi mana yang lemah, di sanalah pemerintah harus melakukan langkah-langkah untuk meningkatkan kompetensi guru,” kata Ketua Ikatan guru Indonesia Satria Dharma pekan lalu di jakarta.

Secara terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan, uji kompetensi memang harus dilakukan untuk guru, tetapi jangan dikaitkan dengan sertifikasi.“Jika pemerintah serius, adakah uji kompetensi untuk semua guru supaya data yang didapat lengkap.”

Menanggapi berbagai penolakan guru atas uji kompetensi ini, Satria menyatakan tidak berseberangan.“Kami tidak berseberangan dengan teman-teman. Kami justru mendukung upaya kritis itu. sebab, jangan sampai uji kompetensi ini hanya dilakukan untuk menguji satu kompetensi,” ujar Satria.

Perubahan PLPGPeserta sertifikasi guru melalui jalur pendidikan dan latihan profesi guru (PLPG) yang tidak lulus ujian diberikan kesempatan mengulang. kelulusan ujian sertifikasi melalui PLPG ditentukan oleh syarat-syarat tertentu antara lain ujian tertulis dan praktik.“ini kebijakan dari pemerintah pusat,” kata pembantu Rektor I Universitas Sebelas Maret Sutarno.Mulai tahun ini juga dilakukan perubahan kurikulum. Hal ini misalnya untuk penguatan materi bidang studi atau kompetensi profesional, dari semula 10 Jam menjadi 25 jam.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.203576 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.4
Jumlah pengunjung: 3380701
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.