Rabu, 25 Juli 2012, 10:55 –
AUSAID DUKUNG PROGRAM AKREDITASI MADRASAH

Palembang-Humas Kanwil.Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia merupakan inisiatif Pemerintah Australia melalui AusAID untuk berpartisipasi dalam peningkatan pendidikan Indonesia. Salah satu program tersebut adalah mendukung Kementerian Agama (Kemenag) dalam menerapkan kerangka strategis program akreditasi madrasah. Dalam implementasinya, AusAID membentuk School System and Quality (SSQ) komponen 3 guna mendukung Unit Pelaksana Program Akreditasi Madrasah (UPPAM) yang dibentuk oleh Kemenag.

Dukungan akreditasi madrasah ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tahap I melibatkan 565 madrasah sasaran di 7 Provinsi yang meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Jawa Tengah. Dimana masing-masing madrasah mendapatkan dukungan baik secara teknis (Pelatihan dan Pendampingan yang diberikan oleh lembaga mitra terkait dengan 8 Standar Pendidikan Nasional) maupun secara financial melalui penerimaan dana hibah (Block Grant).

Mengingat besarnya tanggung jawab kegiatan dan keuangan yang harus dikelola, diperlukan adanya penjelasan yang utuh tentang dukungan teknis yang akan diterima dan tata kelola dana hibah yang sesuai dengan prinsip-prinsip dan panduan dari SSQ bagi madrasah-madrasah yang terkait. Untuk itu pada Senin (30/7) mendatang akan digelar Sosialisasi Madrasah Block Grant Tahap I di Auditorium Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumsel yang rencananya akan dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, Drs.H.Najib Haitami, MM.

Kepala Bidang (Kabid) Mapenda Islam melalui Kasubbag Hukmas & KUB, Saefudin, S.Ag menjelaskan bahwa kegiatan Sosialisasi dana hibah (Block Grant) Madrasah Tahap I ini dimaksudkan untuk memberikan madrasah arahan kegiatan dan tatakelola dana hibah yang sesuai dengan panduan dan prinsip-prinsip SSQ.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program kerja UPPAM dan Komponen 3, sosialisasi madrasah Grant Agreement, dukungan teknis madrasah dan panduan tata kelola dana hibah serta penandatangan nota komitmen pelaksanaan program akreditasi madrasah,” jelas Saefudin.

Lebih lanjut Saefudin berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi dan semangat baru karena pendidikan di madrasah perlu bimbingan dan perhatian guna peningkatan tatakelola, kualitas sarana dan prasarana, peserta didik dan para tenaga pengajar serta pengelola madrasah hendaknya mampu mengelola dana bantuan dari AusAid ini dengan sebaik-baiknya. (etty)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.014477 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 3506848
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.