Sabtu, 21 Juli 2012 – Kankemenag
BUPATI BANYUASIN AKAN GELAR SAFARI RAMADHAN

Banyuasin-Humas.Kegiatan safari Ramadhan sudah menjadi agenda rutin yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin setiap tahunnya. Tim Safari Ramadhan Pemkab Banyuasin bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin akan mengunjungi 17 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin. Pembukaannya akan dipusatkan di Masjid Agung Al-Amir Pangkalan Balai pada hari Senin, tanggal 23 Juli 2012 mendatang

“Jadwal Safari Ramadhan secara resmi akan dibuka oleh Bupati Banyuasin Ir H Amiruddin Inoed di Masjid Agung Al-Amir Pangkalan Balai, Senin (23/7) mendatang. 17 desa dalam 17 kecamatan yang telah ditunjuk akan menjadi pusat perhelatan Tim Safari Ramadhan 1433 H,“ujar Drs H Hamdan M.Pd.I Kasi Penamas dan PK Pontren di ruang kerjanya, Jumat (20/7) kemarin.

Menurutnya, tujuan menyelengarakan Safari Ramadhan dari tahun ke tahun adalah turut aktif dalam syiar Islam untuk mempererat tali silaturahmi dan menyantuni fakir-miskin serta menyerahkan bantuan kepada pengurus masjid. Selain itu, untuk menampung aspirasi masyarakat desa dalam upaya perbaikan kebijakan pelayanan publik.

Selain itu, kegiatan ini akan diisi dengan ceramah agama, buka puasa bersama, shalat maghrib, isya dan tarawih berjamaah sepanjang bulan Ramadhan. Desa yang digelar Safari Ramadhan merupakan desa yang belum pernah dikunjungi oleh Bupati Banyuasin dan rombongan. Kegiatan ini juga dalam rangka mengevaluasi perkembangan setiap masjid yang ada. Sedangkan masjid yang menjadi sasaran safari Bupati merupakan masjid yang diusulkan oleh pihak kecamatan. Dengan kriteria adalah masjid yang dikunjungi belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemkab Banyuasin dan masjid itu benar-benar memerlukan dana.

“Berdasarkan informasi dari Kabag Kesra Setda Banyuasin bahwa bantuan tersebut meliputi bantuan masjid yang diperuntukkan bagi 17 masjid di 17 kecamatan, yang masing-masing masjid akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp 7,5 juta. Kemudian bantuan fakir miskin sebanyak 50 orang berupa paket sembako senilai Rp 100.000,- serta bantuan bagi 50 orang anak yatim berupa uang tunai,“jelas Hamdan.

Dan lanjutnya, agenda Safari Ramadhan tahunan ini, disusun dan diatur berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan masjid. Seperti tahun lalu, Tim Safari Ramadhan ketika mengunjungi masjid akan mensosialisakan visi, misi dan program kerja Pemerintah Kabupaten Banyuasin.

“Dengan turunnya Tim Safari Ramadhan terutama di daerah perairan, selain membina masyarakat, juga untuk mensosialisikan program kerja pemerintah kita sebagai landasan terwujudnya Baldatun Thayibatun wa Rabbul Ghafur,“pungkasnya.

Dia berharap kegiatan ini akan memiliki nilai bermakna positif dan menjadi sarana pendekatan intensif kepada masyarakat. Karena tidak jarang melalui kesempatan seperti ini terungkap permasalahan yang berkembang di tengah kehidupan masyarakat, khususnya berkenaan dengan kegiatan keagamaan dan kerukunan umat beragam. (riza)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.216859 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 3111576
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.