Rabu, 23 Mei 2012, 00:15 –
TAHUN 2012 APLIKASI EMIS BERBASIS WEB GUNAKAN GIS

BANYUASIN-HUMAS.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan diwakili Kabag TU, Drs. H. M. Ridwan, MM membuka secara resmi kegiatan Penguatan Tenaga Pengelola Data Pendidikan Tingkat Kanwil Kemenag Provinsi, Kankemenag Kab./Kota dan PTAIN/Kopertais di Hotel Jayakarta Daira Palembang, malam Rabu, (22/5) pukul 19.30 WIB.

Ketua Panitia Tim EMIS Kemenag RI, Ir. Victoria Elisna Hanah, M.Pd selaku Kasubbag Sistem Informasi Setditjen Pendidikan Islam menjelaskan bahwa kegiatan Penguatan Tenaga Pengelola Data Pendidikan ini dilaksanakan selama 3 hari tanggal 22-24 Mei 2012 dan diikuti 125 Operator EMIS Mapenda/Kependais dan Pekapontren yang berasal dari 4 Provinsi, yakni Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu dan Jambi.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta tentang tata cara mengentri dan memvalidasi aplikasi EMIS berbasis web dengan menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografis (GIS), yakni sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan), dalam arti pemetaan unit pendidikan dan penentuan titik koordinat serta identitas lembaga (foto dan peta) dengan menggunakan google maps.

Outputnya adalah pendataan yang akan dilakukan pada bulan Juli tahun 2012 benar-benar menghasilkan data dan informasi yang cepat, akurat dan tepat waktu untuk digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan, perencanaan, dan penyusunan anggaran pendidikan.

“Dengan aplikasi pendataan berbasis web dengan alamat http://emispendis.kemenag.go.id, maka diharapkan pendataan lembaga pendidikan agama dan keagamaan di masing-masing Kemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota di 4 provinsi dapat menghasilkan data yang real-time, akurat dan up to date,“himbau Victoria.

Dan lanjutnya, materi yang akan diberikan kepada Operator EMIS adalah evaluasi pendataan tahun pelajaran 2011/2012, evaluasi penentapan nomor statistik lembaga, sosialisasi updating data pendidikan Islam berbasis Geographic Information System (GIS) dan simulasinya, serta strategi dan komitmen update data pendidikan Islam tahun pelajaran 2012/2013.

Terpisah, dalam sambutan Kabag TU, Drs. H. M. Ridwan, MM mengungkapkan bahwa melalui pelatihan Operator EMIS, kita dapat mengevaluasi hal-hal yang menjadi hambatan dalam kegiatan pengumpulan dan pengolahan data lembaga pendidikan Islam tahun lalu dan memperoleh solusi terbaik untuk memperbaiki pendataan tersebut yang berbasis web pada tahun 2012 menjadi lebih cepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan sebagai bahan pendukung dalam perencanaan program dan anggaran untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan Islam.

“Ini merupakan pekerjaan berat dan mulia bagi Operator EMIS Mapenda, Kependais dan Pekapontren dalam menyukseskan pendataan emis secara online, baik tingkat Kemenag pusat, provinsi dan kabupaten/kota,“tegasnya.

Ridwan menambahkan, tanpa dukungan data dan informasi yang akurat dan tepat waktu, niscaya perencanaan pendidikan, khususnya yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag) menjadi tidak efektif dan dapat mengakibatkan kesia-siaan serta pemborosan waktu, usaha dan sumber daya.

Masih kata Ridwan, dengan diperkenalkan sistem aplikasi pendataan berbasis web melalui pemetaan database Geographic Information System disingkat GIS, yakni sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, dengan penambahan foto dan peta madrasah serta titik koordinatnya. Maka diminta kepada Operator EMIS harus bekerja secara optimal sehingga pengumpulan data lembaga pendidikan agama dan keagamaan yang diolah benar-benar up to date, akurat, tepat waktu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Ikutilah kegiatan EMIS ini selama tiga hari dengan sebaik-baiknya guna menambah pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola pendataan lembaga pendidikan agama dan keagamaan yang benar dan bukan hasil rekayasa menuju tertib administrasi dan tata kelola lembaga pendidikan Islam yang menjadi binaan Kementerian Agama RI,“tutupnya. (riza)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.544848 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 3665715
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.