Sabtu, 28 April 2012, 21:46 –
124 GURU KEMENAG IKUT TES UKA

BANYUASIN-HUMAS,Sebanyak 124 guru Kementerian Agama (Kemenag) berasal dari 3 Kabupaten/Kota, yakni Palembang, Banyuasin dan Musi Banyuasin (Muba) telah mengikuti Uji Kompetensi Awal (UKA) sebagai calon peserta sertifikasi guru dalam jabatan selama 1 hari tanggal 28 April 2012 di MAN 3 Pakjo Palembang.

“Tujuan pelaksanaan UKA bagi guru RA/Madrasah adalah untuk memetakan kemampuan guru sebagai calon peserta sertifikasi,“ujar Ali Hasymi sebagai Koordinator UKA Kemenag Banyuasin.

Dan lanjutnya, soal yang diujikan dalam UKA untuk MTs dan MA adalah 5 mata pelajaran, yakni Quran Hadits, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Bahasa Arab dan Akidah Akhlak. Sedangkan RA dan MI adalah semua mata pelajaran untuk guru kelas. Soal ini diberikan kepada guru yang bersangkutan sesuai dengan mata pelajarannya. Naskah soal UKA terdiri atas 100 pilihan ganda dan dibuat oleh Tim Kemenag Pusat.

“Lembar jawaban peserta akan diperiksa oleh Tim IAIN Raden Fatah Palembang. Saya berharap seluruh peserta khususnya guru Banyuasin bisa mengerjakan soal sesuai dengan kompetensi dan 100 persen lulus UKA,“harap Hasymi.

Hasymi juga menambahkan bahwa untuk guru RA dan madrasah yang tidak lulus dalam UKA dipastikan akan mendapatkan pembinaan. Rencananya, pembinaaan akan dilaksanakan pada bulan Mei yang akan datang. Tujuan pembinaan ini adalah agar guru yang tidak lulus UKA memiliki motivasi baru dalam mengajar.

“Pembinaan tersebut untuk perbaikan diri saat mengajar di tahun ajaran baru,“imbuhnya.

Sedangkan bagi guru yang lulus pada tahap UKA, langsung dapat mengikuti proses Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) bagi guru mata pelajaran umum atau Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) bagi guru mata pelajaran agama.

“Namun juga tidak mutlak langsung lulus mendapatkan sertifikasi. Setelah itu, ada uji kompetensi akhir. Bila tidak lulus, maka ada ujian ulang. Setelah lulus, barulah mendapatkan sertifikat,“tambah Hasymi.

Oleh karenanya, bagi guru yang dinyatakan lulus UKA nantinya dan akan menerima tunjangan profesi diharapkan semakin rajin mengajar dan terus meningkatkan kompetensi diri yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya, seperti kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.

Sebagai informasi bahwa tes UKA ini dimulai pukul 08.00-10.00 WIB, diawali pembacaan tata tertib peserta Uji Kompetensi Awal (UKA) oleh Koordinator Panitia. 3 Ruang ujian peserta diawasi oleh 2 panitia penyelenggara UKA dari Seksi Mapenda maupun IAIN Raden Fatah Palembang.

124 peserta UKA adalah gabungan antara guru PNS dan guru Non PNS yang berasal dari Kota Palembang sebanyak 76 guru, Kabupaten Banyuasin sebanyak 24 guru dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sebanyak 24 guru. 124 guru tersebut terdiri atas 85 guru kelas (13 RA dan 72 MIN/S) dan 39 guru MTs dan MA Negeri dan Swasta meliputi 6 guru mata pelajaran (mapel) Quran Hadits, 6 guru mapel Bahasa Arab, 7 guru mapel Akidah Akhlak, 5 guru mapel Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan 15 guru mapel Fiqih.

Setelah sukses melaksanakan tes UKA tahap pertama, maka pada bulan Mei mendatang akan dilanjutkan tes UKA tahap kedua dengan peserta berasal dari guru madrasah dan guru PAIS di sekolah umum. (riza)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.153794 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.54
Jumlah pengunjung: 3970204
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.