Senin, 2 April 2012, 21:00 –
PONPES ANNAJIYAH TERAPKAN SISTEM PENDIDIKAN INTEGRASI

LUBUKLINGGAU, HumasPondok Pesantren Annajiyah yang beralamat di Jalan Waringin Lintas RT 04, Kelurahan Puncak Kemuning, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau menyelenggarakan Sekolah Islam Terpadu (SIT) SMP Integrasi Annajiyah. Sesuai dengan nama yang digunakan yakni integrasi, maka Ponpes Annajiyah menerapkan sistem pendidikan yang ada di Pondok Modern Gontor dan sistem pembelajaran yang integratif, simulatif, fasilitatif dan motivatif yang memadukan secara utuh unsur kognitif, psikomotorik dan afektif.

Hal itu disampaikan Pimpinan Ponpes Annajiyah Kota Lubuklinggau, H Darussalam Malik Biari SPdI, Senin (2/3) saat ditemui di ruang dewan guru sekitar pukul 16.00 WIB. Disamping menggunakan sistem tersebut, SMP-IT Annajiyah juga menjadikan al Qur’an sebagai kurikulum utama dan menjadikannya sebagai sumber rujukan utama dalam setiap mata pelajaran lainnya. Diantara metode dalam pembelajaran al Quran untuk hafalan digunakan metode “tadrijiyah” (one day one ayat) dengan target minimal peserta didik dapat hafal al Quran 1 juz dalam setahun.

“Untuk SMP-IT Annajiyah sudah mulai menerima pendaftaran santri/wati baru. Gelombang pertama, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 1 Maret lalu hingga 15 April nanti. Sedangkan untuk gelombang kedua, penerimaan santri/wati baru akan dibuka tanggal 20 April hingga 20 Juni mendatang”, jelas kakak kandung dari Kepala Sekolah SMP-IT Annajiyah, Taufik Mukmin MEd.

Menurut alumnus Pondok Pesantren Gontor tersebut bahwa syarat pendaftaran yaitu mengisi formulir pendaftaran, telah tamat SD/MI atau sedang duduk di kelas VI SD/MI, dan mengikuti tes tulis dan tes baca al Quran. Adapun syarat penerimaan lulus tes masuk, copy SKHU dan ijazah SD/MI 2 lembar, pasfoto 3×4 = 4 lembar, dan map shelter plastik merah.

Dalam upaya meningkatkan kualitas, maka sejak tahun pelajaran 2010/2011, Ponpes Annajiyah Kota Lubuklinggau secara resmi telah tergabung dalam dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia.

Lembaga pendidikan lain yang berada di bawah Yayasan Annajiyah yaitu Madrasah Diniyah dan Raudhatul Athfal. Ponpes Annajiyah memiliki 123 santri/wati, dengan rincian 25 santri/wati SMP-IT Annajiyah yang diasramakan, 60 santri/wati Madrasah Diniyah, 38 orang santri/wati PAUD dan RA. (amr)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.691616 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.68
Jumlah pengunjung: 3493440
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.