Selasa, 3 Januari 2012, 12:00 –
SAMBUT HAB KE 66, KANKEMENAG OKUT BAGIKAN 11,5 TON BERAS

OKUT – HumasDisampaikan pula salah satu visi kementerian agama adalah mewujudkan toleransi umat beragama yang disebut dengan Tri Kerukunan umat beragama. Termasuk salah satunya dengan mengadakan kegiatan sosial seperti ini dengan tidak memandang agama manapun, ia mengungkapkan siapa yang membutuhkan kita bantu. Ia berharap seluruh umat beragama dapat kembali pada kitab sucinya masing-masing. “sudah sepatutnya kita menafkahkan sebagian rezeki yang diberikan Allah kepada sesaama, bukan hanya materi atau harta benda, kita juga dapat menafkahkan tenaga, maupun ilmu yang kita miliki. Menafkahkan tersebut tidak hanya dalam keadaan senang, namun juga disaat keadan susah. Berjihad bukan berarti berperang secara radikal dengan mengangkat senjata, jihad dilakukan dengan santun mengajak amar ma`ruf nahi munkar” jelasnya.

Diawali dengan pemberian bantuan bagi dhu`afa berupa beras dengan total 11,5 ton yang dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di tiga desa yaitu , Desa Margotani, Muncak Kabau, dan desa Campang tiga. Sebanyak 1150 Kepala Keluarga dari tiga desa menerima bantuan beras ukuran 10 kilogram tersebut. Untuk desa Margotani kec. Madang Suku II ini dibagikan sebanyak 350 kantong beras. Pembagian beras di Desa Muncak Kabau kec. BP Bangsa Raja sebanyak 250 kantong . Dan 5,5 ton beras dibagikan di desa Campang Tiga Kec. Cempaka.

Agenda berikutnya yang dilaksanakan pada 14 desember yaitu pengobatan gratis yang dilaksanakan di Desa Campang Tiga Kec. Cempaka. Selain pemberian bantuan bagi dhu`afa . Dipilihnya desa tersebut karena masih banyak masyarakat desa tersebut yang membutuhkan. Sebanyak 300 peserta yang merupakan masyarakat Desa Campang tiga mengikuti pengobatan gratis yang diadakan oleh Kemenag OKU Timur. Dalam hal ini Kemenag OKU Timur bekerjasama dengan dinas kesehatan kabupaten OKU Timur, yang diapresiasi positif oleh Pemerintah daerah, sehingga dinas kesehatan OKUT menyiapkan tenaga dokter dan perawat serta obat-obatan.

Pada 15 Desember kemenag OKU Timur melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu khitanan masal. Sebanyak 57 anak yang berasal dari enam kecamatan mengikuti kegiatan khitanan masal yang dilaksanakan di MAN Gumawang ini. terdapat 7 orang dokter serta 15 perawat di turunkan oleh dinas kesehatan OKU Timur pada khitanan masal ini.

Kegiatan yang juga diadakan oleh Kemenag OKU timur dalam rangka memperingati HAB Kemenag RI ke-66 ini yaitu donor darah yang dilaksanakan di MAN Gumawang. Kegiatan ini dilaksanakan pada 16 Desember dengan mengikutkan 47 peserta donor darah yang sebagian besar merupakan pegawai Kemenag OKU Timur. Namun, dari 47 peserta tersebut hanya 25 orang saja yang dapat diambil darahnya untuk didonorkan. Hal ini menurut tim medis dari Dinas Kesehatan OKU Timur diantara peserta ada yang mengidap penyakit darah tinggi ataupun darah rendah, serta penyakit lainnya yang menyebabkan peserta tersebut tidak dapat mendonorkan darahnya. Kegiatan Donor darah ini nantinya akan disumbangkan pada PMI kabupaten OKU timur, untuk digunakan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Selain empat kegiatan diatas, Kemenag OKU timur juga menagadakan kegiatan lainnya yaitu jalan santai yang diikuti oleh ribuan peserta. Sebanyak 6000 kupon telah dibagikan kepada pegawai Kemenag, guru, pelajar, serta masyarakat terutama di kecamatan Belitang. “beberapa rezeki kita bagikan pada jalan santai ini”, ucap Kakankemenag OKU timur. Rezeki tersebut yaitu dua ekor sapi, dua ekor kambing, satu buah kulkas, satu buah LCD TV 17 inch, satu buah TV 20 inch, dua buah kipas angin serta puluhan hadiah menarik lainnya.

Herman Deru, SH, MM, Bupati OKU Timur dalam beberapa kesempatan mengucapkan terimakasih pada Kementerian Agama Oku Timur dengan mengadakan beberapa kegiatan demi masyarakat dan kemajuan OKU timur. Selain itu ucapan selamat juga disampaikan oleh Bupati atas hari Jadi Kemenag RI ke 66. dikatakan dari lahirnya Kemenag sampai berjuang dan saat ini, semoga tetap menjadi pemersatu umat dari seluruh umat beragama, sehingga tidak terjadi konflik terutama di kabupaten OKU Timur ini. Kementerian Agama dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya serta menjalin silaturrahim dengan sesama.Harapannya bahwa kegiatan ini bukan kegiatan ceremonial belaka, namun HAB Kemenag ini dijadikan sebagai momen instrospeksi diri, mengoreksi perencanaan, memperbaiki kinerja, untuk perbaikan dimasa yang akan datang. Dikatakan pula Kementerian Agama telah banyak kiprahnya, bersama masyrakat membangun OKU Timur terutama dalam bidang mental spiritual, menjaga stabilitas, derajat, maupun kehormatan bagi masyarakat OKU Timur.

Puncak kegiatan HAB Kemenag RI pada 3 Januari 2011 adalah pelaksanaan upacara yang dilaksanakan di MAN Gumawang. Dalam kesempatan tersebut, Kemenag OKU Timur menerima 10 unit kendaraan roda dua dengan tipe GL 15AID warna abu-abu. 10 unit kendaraan tersebut diperuntukkan bagi 10 koordinator KUA Kecamatan, yang sebelumnya masing-masing Kepala KUA kecamatan telah menerima satu unit kendaraan roda dua pula. Bupati OKU Timur Menyerahkan langsung kepada 10 Koordinator KUA kecamatan di OKU Timur. (miftach)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.330402 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 3829474
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.