Rabu, 2 Februari 2011, 12:00 –
Atur Pengelolaan Kearsipan, Kemenag Terbitkan KMA No. 44 Tahun 2010

Palembang – Humas, Dalam rangka penertiban penataan kearsipan, Kemenag telah menerbitkan KMA Nomor 44 Tahun 2010 tentang Pedoman Penataan Kearsipan di lingkungan Kementerian Agama. Pedoman Penataan Kearsipan ini merupakan penyempurnaan dari Peraturan Menteri Agama Nomor 10 tahun 2005 tentang Petunjuk Pelaksanaan Sistem Kearsipan Arsip Dinamis di lingkungan Kementerian Agama yang selama ini di gunakan, hal ini selaras dengan telah ditetapkannya Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Kanwil Kemenag Sumsel melalui Kasubbag Hukmas dan KUB Saefudin, S.Ag ketikan dikonfirmasi, mengatakan bahwa buku pedoman ini dimaksudkan sebagai acuan bagi para pejabat dalam penyelenggaraan kearsipan dan mendukung kelangsungan dan kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi dalam pelayanan publik. “tentu tujuannya agar tertatanya arsip dengan baik dan benar sehingga berdaya guna dan berhasil guna, tertatanya organisasi kearsipan,“ujarnya. Dan ditambahkannya bahwa buku pedoman untuk teraturnya siklus kearsipan, dan menjamin terselamatkannya arsip sebagai bahan pertanggung jawaban nasional, memori organisasi dan memori kolektif bangsa.

Ketika tim membaca isi dari KMA tersebut berisi tentang pengaturan sistem penataan kearsipan di lingkungan Kementerian Agama, secara substansi merupakan penyempurnaan dari materi sistem penataan kearsipan yang tertuang dalam Peraturan sebelumnya. Dan ketika ditanyakan bagaimana dengan satker didaerah yang masih menggunakan peraturan lama dengan diplomatis Saefudin mengatakan dengan berlakunya KMA Nomor 44 Tahun 2010 ini maka KMA Nomor 10 Tahun 2005 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

“diharapkan satuan kerja daerah segera mempedomani buku ini agar ada kesamaan dalam pengelolaan kearsipan baik di pusat dan daerah,“harapnya.(humas)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.266384 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 3561276
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.