Minggu, 30 Juni 2013, 07:48 –
SIMKAH PERMUDAH AKSES PELAYANAN NIKAH

Banyuasin, Humas.Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin melalui prakarsa Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menggelar pelatihan penerapan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) pada 16 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Banyuasin, bertempat di Lembaga Pendidikan dan Dakwah Islam (LPDI) Al Halim, Jalan Kol. H. Burlian No. 240 RT. 05 RW. 02 Kelurahan Sukarami Palembang, Sabtu (29/6).

Turut hadir sebagai Nara Sumber dari Tim SIMKAH Bidang Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sumsel Drs H Yeri Taswin M.Pd.I, Drs H Ridhuan M.Si, Drs Assamarkondi M.Si dan Abdul Samad S.Ag.,MA. Selanjutnya kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Banyuasin diwakili Kasi Bimas Islam Drs H Achmad Mastur M.Si.

Dalam pengarahannya Kabid Urais dan Binsyar Drs H Yeri Taswin M.Pd.I mengatakan, SIMKAH merupakan pengelolaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah yang digagas oleh Ditjen Bimas Islam Kemenag RI, diyakini semakin banyak berperan penting dalam mewujudkan sistem perkantoran modern berbasis teknologi informasi pada Kantor Urusan Agama (KUA) di daerah dan mendapat tanggapan positif.

“Aplikasi SIMKAH berguna untuk mengumpulkan data-data Nikah dari seluruh KUA di wilayah Republik Indonesia secara “Online”, data akan tersimpan dengan aman di KUA setempat, di Kabupaten/Kota di Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi dan di Bimas Islam,” jelasnya.

Dalam perkembangannya, SIMKAH akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pernikahan dan mempermudah pemerintah memantau peristiwa pernikahan secara online setiap bulannya.

“Karena itu tidak ada lagi manipulasi data calon pengatin (catin) yang biasa dilakukan untuk melangsungkan pernikahan kedua dan seterusnya,” harap Yeri Taswin.

Dan lanjutnya, Aplikasi SIMKAH berpedoman kepada Instruksi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor DJ.II/369 Tahun 2013 tentang Penerapan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Banyuasin diwakili Kasi Bimas Islam Drs H Achmad Mastur M.Si memberikan apresiasi terhadap penerapan aplikasi SIMKAH sehingga banyak mendapatkan respon dari berbagai pihak. Di antaranya tanggapan positif baik dari Operator SIMKAH Bimas Islam dan KUA (internal) maupun masyarakat umum (eksternal).

“Dengan adanya penggunaan teknologi informasi yang mudah diakses oleh masyarakat melalui penerapan aplikasi SIMKAH, diharapkan data-data 16 KUA di wilayah Kabupaten Banyuasin dapat seragam dan terkini sehingga bisa secara cepat, tepat, akurat dan efisien dianalisa dan dibuat kesimpulannya,” tuturnya.

Dalam paparannya, salah seorang Tim SIMKAH Abdul Samad S.Ag.,MA mengatakan bahwa SIMKAH adalah aplikasi yang berfungsi dan bertujuan sebagai berikut: (1) membangun Sistem Informasi Manajemen Penikahan dicatat di KUA, (2) membangun infrastruktur database dengan memanfaatkan teknologi yang dapat mengakomodasi kebutuhan manajemen dan eksekutif, (3) membangun infrastruktur jaringan yang terintegrasi antara KUA di tingkat daerah sampai Kantor Pusat, (4) penyajian data yang cepat dan akurat serta mempermudah pelayanan, pengendalian dan pengawasan, dan (5) pelayanan bagi publik untuk mendapatkan informasi yang lengkap, cepat dan akurat.

“Ke depan program SIMKAH ini harus mampu menjawab terhadap pelayanan pernikahan yang lebih baik dan maju. Program ini dimaksudkan agar pernikahan di KUA harus online, sehingga siapa pun bisa mengakses informasi nikah,” tegasnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan SIMKAH dari KUA Kecamatan Rambutan Taufik Hidayat menyambut gembira kegiatan ini sebagai perwujudan pelayanan prima bagi masyarakat.

“Program SIMKAH ini menggunakan teknik internet yang dipandang sebagai cara yang lebih tepat, cepat dan aman selain teknik backup yang konvensional,” ucapnya dengan bangga.

Peserta yang mengikuti pelatihan Aplikasi SIMKAH terdiri atas 16 Kepala KUA, 16 Operator SIMKAH KUA, dan staf Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin. (riza)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.009806 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.54
Jumlah pengunjung: 3954229
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.