Minggu, 10 Maret 2013, 12:02 –
89 SISWA MAN PRABUMULIH GELAR UJI PRAKTEK

Prabumulih-Humas

Siswa kelas XII MAN Prabumulih dua hari ini, (6,7/3) masih melakukan ujian praktik. Dua hari ini mereka melakukan praktik Kimia dan Quran Hadits. Ujian praktik kedua mata pelajaran ini dilakukan sendiri-sendiri dengan menghadap guru penguji. Demikian disampaikan oleh Sihamawati, guru Quran Hadist saat ditemui disela-sela pemanggilan siswa yang akan ujian. Begitu juga dengan praktik Kimia, siswa masing-masing melakukan praktik sesuai dengan perintah soal yang telah mereka terima.

Pengambilan nilai ujian praktik Kimia tahun ini tidak dilaksanakan di Laboratorium namun dilaksanakan di ruang kelas XII IPA 1. Sebanyak 89 siswa secara sendiri-sendiri melakukan praktik sesuai dengan perintah soal. Penilaiannya sendiri mulai dari langkah-langkah kerja, menentukan hasil uji coba, dan menarik kesimpulan dari percobaan yang mereka lakukan. Masing-masing siswa diberi waktu lima menit untuk melakukan percobaan dan sepuluh menit untuk membuat laporan hasil percobaan.

Saat ditemui disela-sela mengatur dan memanggil siswa yang akan melakukan percobaan, Sumartini, penguji ujian praktik Kimia memberikan tanggapannya mengapa ujian praktik Kimia tidak dilakukan di Laboratorium dan lamanya waktu yang dicapai siswa.

“Kondisi Laboratorium saat ini tidak memungkinkan. Nanti dikhawatirkan ada hal-hal yang tidak dinginkan. Kalau untuk melakukan ujian praktik kali ini, tidak jadi soal dilakukan di kelas. Alat –alat dan bahan telah disiapkan. Kertas soal sudah mereka terima dan masing-masing mereka akan melakukan percobaan sesuai dengan perintah soal. Mengenai waktu yang dicapai siswa bervariasi. Bahkan ada siswa yang melebihi waktu yang diberikan,” jelasnya.

Praktik Kimia yang dilakukan siswa berupa penentuan Asam Basa dari larutan garam dan perubahan warna Lakmus. Juga, menentukan Asam kuat dengan Basa kuat dengan Hidrolisis. Dari percobaan yang dilakukan kemudian dibuat kesimpulan.

Alat-alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini meliputi pipet tetes, plat tetes porselin, tissue, gelas kimia, kertas lakmus merah dan biru, dan 6 jenis larutan garam.

Langkah-langkah kerja yang dilakukan siswa pertama, siapkan plat tetes porselin, cuci bersih dan keringkan dengan tissue. Kedua, letakkan larutan yang akan diuji pada plat tetes, ketiga, ujilah setiap larutan tersebut dengan kertas lakmus merah dan catat perubahan warna kertas lakmus yang terjadi ke dalam table data. Empat, ulangi kegiatan no 3 dengan menggunakan kertas lakmus biru. Lima, jika selesai melakukan percobaan, pastikan alat-alat dan tempat dalam keadaan bersih. Enam, mengisi table percobaan.

Di ruang lain, siswa kelas XII IPS melakukan ujian praktik Quran hadist. Mereka menghadap penguji dengan menghafal tiga ayat beserta artinya. Masing-masing ayat tersebut adalah Al Thahrin ayat 6, Al Mudjadilah ayat 11, dan An nisa’ ayat 36.

Dipilihnya ketiga surat ini, menurut Suhamawati, karena artinya sangat bagus dan pas untuk siswa-siswi, tapi bukan berarti surat lain tidak bagus. Semua surat bagus, tapi tak mungkin ujian praktik ini semua surat dihafal siswa.

“Tiga surat ini artinya masing-masing intinya tentang menjaga diri dan keluarga, menuntut ilmu yang banyak, dan tidak boleh menduakan Allah,”jelasnya.

“Dan Alhamdullilah, hampir semua siswa dapat menghafal ketiga ayat itu dengan baik. Ada beberapa siswa yang menghafalnya masih terbata-bata, tapi mereka tetap dapat menyelesaikan hafalan mereka walaupun sedikit dibantu,” tambah Siha, panggilan nama Sihamawati.

Praktik yang dimulai pada pukul 08.00 Wib ini dapat diselesaikan oleh siswa-siswi tepat pada pukul 13.00. Selanjutnya mereka akan melanjutkan ujian praktik Fisika untuk IPA dan Fiqih untuk IPS.(mas)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.014924 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.54
Jumlah pengunjung: 3960556
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.