Jumat, 1 Maret 2013, 03:31 –
ABDUL ROSYID: P3N PERPANJANGAN TANGAN PENGHULU

Oku Timur, humas.

Pelaksanaan Pembinaan terhadap Pegawai Pencatat Nikah (P3N) dilaksanakan kemarin, Rabu (27/02) bertempat di Masjid Al Hidayah Petanggan BK 16 Kecamatan Belitang Mulya yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakanmenag) Kabupaten OKU Timur, seluruh P3N di wilayah Belitang II dan Semendawai Suku III beserta jajaran Kemenag lainnya termasuk tokoh masyarakat setempat.Dalam sambutannya Rosyid mengatakan bahwa P3N memang bukan Pegawai Negeri Sipil, kedudukan mereka hanya sebagai perpanjangan tangan para penghulu, namun Kementerian Agama (Kemenag) tetap memperhatikan nasib pegawai pencatat nikah (P3N), kendati status mereka bukanlah pegawai negeri tetapi keberadaan P3N sangat dibutuhkan masyarakat, dikarenakan keberadaannya mereka langsung berhubungan dengan masyarakat dan juga berfungsi sebagai penyuluh agama. “P3N adalah perpanjangan tangan para penghulu di berbagai daerah dan kehadirannya sangat diperlukan di tiap desa/kelurahan. Kemenag mengatur keputusan yang mengatur eksistensi P3N.” tuturnya. Ia mengatakan pula bahwa kemampuan warga mengganti biaya transportasi bagi penghulu ke dusun tertentu masih rendah, karena itu dukungan P3N menjadi penting untuk menjelaskan pengertian tentang perkawinan, syarat administrasi dan mengecek fisik secara informal kepada pasangan calon pengantin.

P3N kedudukannya terasa penting apalagi untuk menjelaskan kepada warga desa mengenai kelengkapan administrasi pernikahan. Untuk itulah Kemenag OKU Timur menginginkan P3N tetap dapat bekerja dengan sebaik baiknya membatu penghulu, KUA kecamatan dalam memberikan pembinaan keagamaan terhadap masyarakat.

Kepada P3N Abdul Rosyid mengucapkan terimakasih atas peranannya selama ini, sampai saat inipun tenaga P3N masih sangat dibutuhkan masyarakat. Tenaga penghulu maupun penyuluh di wilayah OKU Timur belumlah memadai, karenanya keberadaan P3N sangat diperlukan.

Namun kepada seluruh P3N yang hadir ia berharap P3N agar juga dapat memeriksa kelengkapan administrasi pernikahan. P3N juga diminta untuk dapat membina TKA/TPQ, majelis ta’lim di wilayah masing-masing. Sehingga P3N juga dapat membantu para penyuluh dalam memberikan pembinaan keagamaaan dan pemahaman agama terhadap masyarakat.

Pembinaan terhadap P3N akan secara rutin diberikan baik oleh masing-masing KUA ataupun langsung dari Kemenag OKU Timur. Ini dalam upaya menjalin koordinasi dan komunikasi dengan P3N setempat. Sehingga dalam kinerjanya di lapangan P3N dapat dipantau dan secara bersama-sama dapat membina, membangun keagamaan masyarakat di wilayah Belitang II dan semendawai Suku III.(mif)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.869015 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 3668727
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.