Rabu, 5 Desember 2012, 05:35 – Pendis & Madrasah
KHAIRUDDIN: KENAIKAN PANGKAT GURU MINIMAL 4 TAHUN SEKALI

OKU Selatan-Humas.Detik-detik jelang berakhirnya Tahun Anggaran 2012, tinggal menghitung hari lagi. Guna menertibkan laporan administrasi satker yang ada di lingkungan kantor Kementerian Agama Kab. OKU Selatan, sejak dua hari lalu, Kepala kantor Kemenag OKUS mengagendakan sejumlah jadwal kegiatan pembinaan kebeberapa satker. Sebagaimana yang telah dilakukan pada MAN Muaradua Senin lalu, kemarin (Selasa, 04/12) giliran MTsN Muaradua yang menjadi tujuan untuk mendapatkan pembinaan akhir tahun.

Pada kesempatan itu, Kepala kantor Kemenag OKUS melalui Kasubbag TU Drs. Firdaus, di dampingi Kasi Kependais Khairuddin, S.Pd dan Humas Kemenag OKUS, memberikan pembinaan kepada jajaran staf pegawai dan dewan guru MTsN Muaradua. Upaya pembinaan yang dilakukan kantor Kemenag OKUS tersebut disambut baik dan antusias oleh Kepala MTsN Muaradua Dra. Mardiah, dan jajarannya.

Pada kesempatan itu Firdaus menegaskan perlunya pembuatan laporan pertanggung-jawaban (LPJ) kegiatan yang baik dan benar. Menurutnya LPJ kegiatan, terutama yang berkaitan dengan keuangan hendaknya dibuat dan disusun berdasarkan dengan aturan yang ada, dan harus dilengkapi dengan bukti-bukti fisik pendukung. Sebab LPJ tersebut bukan untuk dipertanggung jawabkan dalam satu tahun ini saja.

Menurut Firdaus, Laporan pertanggungjawabkan itu masih berlaku dan mungkin akan diperiksa, minimal sampai lima tahun ke depan. Untuk itu ia mengharapkan kepada staf pegawai maupun dewan guru yang diberikan amanah untuk membuat laporan, agar menyusun laporannya dengan penuh ketelitian, sehingga benar-benar bisa dipertanggungjawabkan.

“Penyusunan laporan yang baik, akan tercipta jika pembuatannya dilakukan sejak jauh-jauh hari, dan penyusunan itu berasal dari hasil kerjasama serta koordinasi yang baik antara pimpinan dengan pihak-pihak yang berkompeten lainnya. Itu sebabnya kantor Kemenag OKUS mulai awal bulan ini gencar melakukan pembinaan, sekaligus untuk mengingatkan staf pegawai di lingkungan Kemenag OKUS agar segera menyelesaikan segala bentuk laporan pertanggungjawaban sebelum masuknya tahun anggaran baru”. Jelas Firdaus.

Sementara itu, Kasi Kependais Khairuddin mengingatkan kepada para dewan guru, agar setiap tahun membuat dan menyusun Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit (Dupak). Sebab menurut Khairuddin, seandainya jadi diterapkan, dalam aturan terbaru yang mungkin akan berlaku mulai tahun depan, bahwa kenaikan pangkat jabatan fungsional guru tidak bisa dilakukan dalam waktu dua atau dua setengah tahun seperti tahun-tahun sebelumnya. Tetapi kenaikan pangkat fungsional guru mulai tahun depan dilakukan minimal empat tahun sekali.

Selain itu, guru yang bersangkutan juga harus benar-benar memenuhi jam mengajarnya 24 jam pelajaran dalam satu minggu. Jika dalam satu sekolah ada guru yang jam mengajarnya kurang dari 24 jam, maka untuk memenuhi target 24 jam tersebut, guru yang bersangkutan diperbolehkan menambah jam mengajarnya disekolah lain dengan syarat memiliki SK dari Kepala kantor Kemenag OKUS, dengan melampirkan syarat pendukung lainnya.

Lebih lanjut Khairuddin menjelaskan syarat pendukung lain yang dimaksud, “Pertama, ada SK dari Kepala sekolah/madrasah tempat mengajar yang baru, sekaligus melampirkan jadwal mengajarnya, Kedua, ada surat rekomendasi dari Kepala Madrasah tempat ia bertugas. Kedua syarat itu harus dilampirkan saat mengajukan penerbitkan SK dari Kepala kantor Kemenag Kab. OKUS”. Terang Khairuddin. (Joe)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.361456 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 3501818
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.