Kamis, 18 Oktober 2012 – Pendis & Madrasah
TINGKATKAN INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI MGMP PAI MTs

Banyuasin, Humas.Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kabupaten Banyuasin mengadakan workshop penulisan karya tulis ilmiah sebanyak 3 kali pertemuan di MTs Negeri Betung, Rabu (17/10). Kegiatan ini secara resmi dibuka Kepala Kantor Kemenag Banyuasin, Drs H A Zainuri dan diikuti 50 guru MTs pada mata pelajaran PAI.

Ketua MGMP PAI MTs, Sashadiman Ralibi S.Ag,M.Si mengatakan, tujuan menggelar MGMP PAI MTs adalah 1. Mengidentifikasi kemampuan guru MTs dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat menunjang usaha peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan, 2. Membantu guru MTs untuk memperoleh informasi teknis edukatif yang berkaitan dengan kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi, kurikulum, metodologi, sistem pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran PAI, 3. Saling berbagi informasi dan pengalaman dari hasil workshop, seminar, diklat, penelitian tindakan kelas (PTK), referensi, dan lain-lain.

MGMP PAI MTs adalah organisasi independen yang mempunyai tugas utama untuk melakukan pembinaan dalam memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran melalui tindakan bermakna menuju peningkatan kualitas guru MTs yang kompetitif,” paparnya.

Menurutnya, urgensi sebuah madrasah terhadap pendidikan dapat diukur melalui sejauh mana peran dan keterlibatan kepala madrasah, guru, siswa, orang tua siswa, pengawas, pemerintah dan MGMP PAI MTs terhadap pengembangan madrasah yang lebih kreatif, inovatif dan berdaya saing tinggi.

“Dengan demikian, keberhasilan madrasah adalah keberhasilan peran dan fungsi MGMP PAI MTs Banyuasin, begitu juga sebaliknya,” tegas Sashadiman Ralibi.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Banyuasin, Drs H A Zainuri dalam pengarahannya memberikan apresiasi atas terselenggara kegiatan MGMP PAI MTs sebagai motor penggerak organisasi pendidikan yang independen dan wadah pengembangan profesionalisme guru MTs yang berkualitas, mandiri dan berkelanjutan, sekaligus merealisasikan anggaran dan program kerja MGMP PAI MTs Banyuasin Tahun 2012.

“Saya sangat mendukung kegiatan ini untuk memajukan organisasi pendidikan. Hasilnya adalah dapat meningkatkan kompetensi guru MTs melalui proses pembelajarannya,” ujarnya.

Dan lanjutnya, kegiatan MGMP PAI MTs berfungsi sebagai 1. Forum komunikasi antara guru MTs dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. 2. Forum konsultasi yang berkaitan dengan kegiatan pembinaan dan pengembangan pembelajaran seperti materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran serta sarana penunjang. 3. Pusat informasi tentang berbagai kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang berkaitan dengan usaha peningkatan inovasi pembelajaran PAI. 4. Menampung permasalahan guru MTs dalam melaksanakan tugas profesinya dan mencari solusi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PAI, guru, kondisi madrasah dan lingkungan sosialnya.

“Kegiatan ini memberikan manfaat luar bisa untuk mewujudkan guru MTs yang visioner dan menjadi deskripsi yang konstruktif bagi semua pihak,” harap Zainuri.

Bagi Kantor Kemenag Banyuasin, tambahnya, MGMP PAI MTs adalah bahan pemikiran dan pertimbangan tindak lanjut sebagai upaya pembinaan dan peningkatan kreatifitas pembelajaran menuju terciptanya layanan pendidikan yang bermutu kepada masyarakat.

Terpisah, salah satu peserta berasal dari guru MTs Qodratullah, Muhammad Daud S.Pd.I menyambut baik kegiatan ini, selain memberikan informasi dan perkembangan dunia pendidikan, juga untuk menjalin silaturahmi dan berbagi pengalaman dalam kegiatan belajar mengajar.

“Bagi kami, kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidik menuju perubahan pengetahuan, sikap dan perbuatan berdasarkan kompetensi yang berkaitan tugas profesi guru MTs,” cetusnya. (riza)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.184360 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 3165712
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.