Jumat, 21 September 2012, 15:12 –
KEMENAG BANYUASIN PERKETAT IZIN PENDIRIAN MADRASAH SWASTA

Banyuasin-Humas.Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin melalui Kasi Mapenda Drs Ali Hasymi MM mengatakan, dalam mengeluarkan surat keputusan izin operasional untuk pendirian madrasah swasta akan selektif dan memperketatnya agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Langkah ini dilakukan untuk mencegah jangan sampai lulusan madrasah swasta tidak mampu bersaing dengan sekolah lainnya sehingga tidak merugikan siswa,” ungkapnya saat dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (21/9)

Menurutnya, persyaratan pendirian madrasah swasta, antara lain (1) Diselenggarakan oleh penyelenggara madrasah yang bersifat sosial dan tidak mengarah kepada sifat mencari keuntungan; (2) Penyelenggara madrasah harus mempunyai program pendidikan yang jelas; (3) Melaksanakan kurikulum yang ditetapkan oleh Kemenag; (4) Pada saat pembukaan, madrasah swasta harus memiliki kepala madrasah dan tenaga pengajar tetap yang diangkat oleh pihak yayasan atau penyelenggara madrasah; (5) Tersedia siswa yang memenuhi syarat sekurang-kurangnya 25 (dua puluh lima) orang; (6) Tersedia gedung/ruang belajar dengan tidak menempati dan menggunakan fasilitas madrasah/sekolah milik pemerintah; (7) Tersedia sarana pendidikan yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

“Persyaratan lainnya adalah tidak boleh ada sekolah/madrasah lain yang saling berdekatan di sekitar lokasi pendirian madrasah swasta tersebut. Hal ini untuk mencegah terjadinya persaingan tidak sehat dalam mendapatkan calon siswa baru,” tambahnya.

Prosedur selanjutnya, sambung Kasi Mapenda adalah 1. Penyelenggara madrasah mengajukan permohonan untuk memperoleh persetujuan pendirian madrasah swasta secara tertulis ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dengan melampirkan (a) Surat Permohonan pendirian madrasah (b) Mengisi Daftar Isian Madrasah© Daftar Susunan Pengurus (d) Daftar siswa per kelas lengkap (nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, pekerjaan dan alamat) (e) Daftar Guru lengkap (nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, pekerjaan dan alamat) (f) Foto copy surat tanah (g) Foto copy Akta Yayasan (bagi yang dikelola yayasan) (h) Rekomendasi dari pemerintah setempat (Lurah, Kades, Camat); 2. Surat permohonan diajukan selambat-lambatnya enam bulan sebelum tahun ajaran baru; 3. Permohonan pendirian MA diajukan ke Bidang Mapenda Kanwil Kemenag Provinsi melalui Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota.

Selain itu, dalam proses mengurus izin pendirian madrasah swasta tidak ada biaya sedikitpun. Guru yang akan mengajar di madrasah swasta juga harus memenuhi syarat minimal bergelar sarjana D3 untuk MIS dan S1 untuk MTsS dan MAS.

“Hal itu untuk memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,” imbuhnya.

Jika semua persyaratan telah lengkap, langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi data melalui pemeriksaan administrasi dan akan diturunkan tim Mapenda ke lapangan untuk melihat secara dekat kondisi fisik dan kelengkapan persyaratan pendirian madrasah swasta. Jika sudah disurvei akan dilakukan evaluasi layak atau tidak untuk dikeluarkan surat keterangan izin operasionalnya.

“Mendirikan madrasah swasta, di satu sisi sangat membantu pemerintah kita dalam menuntaskan wajib belajar, tapi di sisi lain akan menimbulkan masalah, yakni jika madrasah swasta terpaksa ditutup karena bangunan madrasahnya tidak layak pakai atau jumlah siswanya sangat sedikit, bahkan tidak ada sama sekali,” terangnya.

Sebagai informasi bahwa di Kabupaten Banyuasin tercatat 4 madrasah swasta yang mengajukan permohonan izin mendirikan madrasah baru, yaitu MIS Nurul Jamil di desa Upang Kecamatan Makarti Jaya, MIS Ahlul Qura di desa Rantau Harapan Kecamatan Rantau Bayur, MTsS Al Muhajirin di desa Sumber Makmur Jalur 20 Kecamatan Muara Padang dan MTsS Daarul Hikmah di desa Sungai Rengit Murni Kecamatan Talang Kelapa. (riza)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.251500 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 3714043
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.