Senin, 10 September 2012, 10:42 – Pendis & Madrasah
MAN MUARA ENIM LAKSANAAN PEMILIHAN KETUA OSIS

Muara Enim-Humas.Senin (10/9), Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim mengadakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim.pelaksanaan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk Periode 2012-2013. Acara pemilihan berjalan tertib, lancar dan sukses tanpa ada hambatan apapun.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS kali ini sangat berbeda dengan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS pada tahun-tahun sebelumnya, Pemilihan Ketua OSIS sekarang menggunakan sistem seperti layaknya Pemilihan Umum atau Pemilihan Kepala Daerah dengan cara di Contreng, dan dilengkapi dengan logistik seperti Menggunakan Surat Suara yang di cetak, menggunakan bilik suara, menggunakan kotak suara dan tinta untuk menandai pemilih yang telah selesai menggunakan hak pilihnya.

untuk spanduk dan sarana dari operator XL sudah menyediakannya semua jadi Selain menggunakan logistik tadi, sebelumnya pihak sekolah terlebih dahulu membentuk Panitia Penyelenggara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang disebut dengan Panitia yang mempunyai tugas untuk menyelenggarakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Panitia di pilih dan di seleksi dari Siswa-Siswi kelas X dan XII dan Anggota OSIS yang masih aktif.Sebelum pemilihan dilaksanakan Panitia menyusun tahapan-tahapan pelaksanaan pemilihan dari mulai : Membuka pendaftaran untuk Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, menyeleksi Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang telah mendaftarkan dirinya, pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, membuat jadwal pemasangan gambar pasangan calon, membuat jadwal Kampanye dan Penyampaian Visi Misi Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, mensosialisasikan Tata Cara dan Peraturan pelaksanaan pemilihan kepada seluruh siswa, membuat Daftar Hak Pilih Tetap, membuat Surat Suara, menyiapkan logistik yang diperlukan pada saat pemilihan, melaksanakan Pemungutan Suara, melaksanakan Penghitungan Suara dan membuat Berita Acara hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara.

Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang telah lulus seleksi oleh Panitia Sebelas yaitu Untuk Nomor Urut 1 Ketua Reno Anugrah Pramata dan wakil ketua Asep Arnindo, calon urut 2 Ketua Yurima Utami dan wakil ketua Renaldi Prayada, calon urut 3 ketua Leo Edi Saputra dan wakil Rohadiansyah, Proses Pemungutan Suara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dilaksankan di Lapangan Basket MAN Muara Enim, sebelum proses pemungutan suara dimulai Ketua Panitia membacakan Tata Cara dan Peraturan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dan dilanjutkan dengan sambutan dari Pembina OSIS MAN Muara Enim Deni Ariyani, S.Ag

Dalam sambutannya Pembina OSIS Deni Ariyani, S.Ag menyampaikan amanat kepada seluruh siswa agar ikut serta mensukseskan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2012-2013, dengan cukup mencontreng satu kali saja pada kolom foto salah satu Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang ingin dipilihnya. Selain itu juga Deni Ariyani, S.Ag. menyampaikan bahwa Pemilihan Ketua OSIS sekarang ini dilaksanakan seperti layaknya Pemilu, dan ini merupakan pembelajaran kepada siswa-siswi agar nanti setelah cukup usia untuk melaksanakan Pemilihan Umum tidak ragu-ragu lagi, minimal tahu dan ada gambar tentang tata cara pemilihan.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN Muara Enim Dian Setioko, S.Pd juga memberikan arahan kepada Kedua Pasangan Calon agar bersikap legowo menerima kekalahan hasil pemilihan tersebut, untuk Ketua OSIS terpilih agar bekerja dengan sungguh-sungguh tidak mementingkan pribadi atau golongan dan untuk Calon Ketua OSIS tidak terpilih jangan berkecil hati, mungkin dikesempatan mendatang bisa lebih beruntung lagi.Pemungutan Suara dilaksanakan tepat Pukul 09.00 WIB, acara pemungutan suara berjalan tertib dan lancar, diawali dari Kepala Madrasah Ka. TU wakil-wakil kepala dan seluruh Siswa-Siswi, Guru dan Staf TU ikut serta melaksanakan pemungutan suara tersebut dengan mendatangi tempat pemungutan suara.

Para siswa satu persatu mendatangi meja pendaftaran untuk mengecek namanya dalam Daftar Hak Pilih Tetap sebelum melaksanakan pencontrengan. Para siswa terlihat tidak ragu-ragu lagi dalam setiap tahapan proses pemungutan suara, mereka cukup paham dalam tahapan proses tersebut dari mulai mendaftarkan diri di meja pendaftaran, mengambil surat suara yang diberikan oleh Ketua Panitia, memberikan suaranya dengan mencontreng pilihannya di bilik suara, memasukan surat suara kedalam kotak suara dan sebelum meninggalkan ruangan memasukan jarinya kedalam tinta sebagai tanda telah memberikan suaranya.

Acara pemungutan suara ditutup oleh Panitia Penyelenggara pada Pukul 12.00 WIB dan sebelumnya Panitia Penyelenggara mengecek Daftar Hak Pilih Tetap, apakah semua pemilih telah menggunakan hak suaranya kecuali yang ijin dan sakit atau masih ada yang belum memberikan hak suaranya. Setelah dipastikan pemilih yang ada dalam Daftar Hak Pilih Tetap telah menggunakan hak pilihnya, barulah Panita Penyelenggara menutup pelaksanaan pemungutan suara tersebut.

Acara dilanjutkan dengan proses penghitungan suara, penghitungan suara diikuti dan disaksikan oleh kedua pasangan calon, saksi dari kedua pasangan calon, seluruh siswa dan para guru.

Proses penghitungan suara berjalan tertib dan lancar, Panitia Penyelenggara membacakan satu persatu surat suara yang masuk di kotak suara, sementara itu Anggota Panitia yang lain mencatat perolehan suara untuk masing-masing pasangan calon pada Daftar Rekapitulasi yang telah dibuat, para siswa mengikuti penghitungan suara tersebut dengan penuh semangat bahkan ada beberapa siswa yang mengikuti penghitungan suara dengan ikut merekap sendiri perolehan suara masing-masing pasangan calon.

Setelah sekian lama proses penghitungan suara pun selesai dilaksanakan, Panitia Penyelenggara merekap dan menjumlah hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon, kemudian mengumumkan dan menetapkan Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih untuk periode 2012-2013.Adapun Perolehan Suara untuk masing-masing pasangan calon adalah sebagai berikut :

untuk Untuk Nomor Urut 1 Ketua Reno Anugrah Pramata dan wakil ketua Asep Arnindo mendapat 255 suara , calon urut 2 Ketua Yurima Utami dan wakil ketua Renaldi Prayada mendapat 83 suara, calon urut 3 ketua Leo Edi Saputra dan wakil Rohadiansyah mendapat 112 suara jadi yang berhak menjadi ketua dan wakil ketua OSIS MAN Muara Enim periode 2012-2013 adalah pasangan Reno dan Asep

Sesuai dengan perolehan suara terbanyak maka Panitia Penyelenggara menetapkan Pasangan Reno dan Asep Ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS Terpilih untuk periode 2012-2013, kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS, ditandatangani oleh seluruh Panitia, Kedua Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS, Saksi dari Kedua Pasangan Calon, Pembina OSIS dan Kepala Sekolah.

Alhamdulilah Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS pun telah selesai dilaksanakan walaupun dalam pelaksanaan tersebut masih banyak kekurangan, mudah-mudahan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS mendatang akan lebih baik lagi ujar dan juga tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada operator XL yang telah banyak membantu dalam acara ini Ka. TU Darwis Mukhtar, S.Pd.I saat di temui diruang kerjanya. (kmd)

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.226071 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 3713030
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.